English Indonesian

  • Webinar Nasional: Future of Information System & Information Technology

    • April 23, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Webinar Nasional: Future of Information System & Information Technology

    Pada hari Kamis (22/4), IBI Kesatuan bersama IPB University dan STTN Lampung menyelenggarakan webinar nasional mengenai Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan tema “FUTURE OF INFORMATION SYSTEM AND TECHNOLOGY INFORMATION”. Webinar ini dimulai pada pukul 10.00 WIB s.d selesai dan diadakan secara live melalui Zoom Meeting dan Youtube IBI Kesatuan.

    Webinar nasional kali ini menghadirkan Edi Nurachmad, S.Kom., M.Kom. selaku moderator acara, Taufik Rahmat ST., MT. selaku Kaprodi Teknik Industri dari STTN Lampung, Ade Mulyana, S.Si., M.Kom. selaku dosen tetap Program Studi Sistem Informasi IBI Kesatuan, Suci Sri Utami Sutjipto, S.T., M.Kom., MPP. selaku dosen tetap Program Studi Teknologi Informasi IBI Kesatuan, dan Irman Hermadi, S.Kom., MS., Ph.D selaku bagian dari Departemen Ilmu Komunikasi IPB University. Acara dihadiri oleh 320 peserta baik dari mahasiswa dan dosen IBI Kesatuan dan di luar IBI Kesatuan, serta siswa/i SMA dan SMK dari berbagai sekolah.

    Acara webinar dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor I IBI Kesatuan, Firdaus Amyar, SE., MA., CA., AK., Ph.D. yang menyampaikan sekilas mengenai kondisi Teknologi Informasi yang saat ini berkembang sangat pesat. Pergerakan kehidupan saat ini dapat diketahui semua orang secara real time. Kita harus mampu beradaptasi pada teknologi yang ada. Di dunia kerja pun, orang-orang yang ahli di bidang Teknologi Informasi dan Sistem Informasi menjadi tulang punggung di setiap sektor perusahaan. Beliau berharap para peserta webinar memahami bagaimana Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dapat memberikan manfaat kepada para peserta.

    Setelah sambutan dari Wakil Rektor I IBI Kesatuan, sambutan dilanjutkan oleh Taufik Rahmat ST. MT. dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam Teknik Industri itu sendiri, mereka dapat merencanakan produksi serta dapat meramalkan permintaan. Namun Teknik Industri tidak dapat lepas dari Teknologi Informasi dan Sistem Informasi.Beliau pun berharap semoga kegiatan webinar ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.

    Sesi penyampaian materi pertama disampaikan oleh Ade Mulyana, S.Si., M.Kom. yang membahas tentang perkembangan Sistem Informasi. Beliau menyampaikan bahwa Sistem Informasi adalah rangkaian aktivitas yang dipadukan dalam sebuah teknologi dengan perangkat komputer sebagai alat bantu untuk melakukan aktivitas kita dalam berbagai bidang. Beliau juga menyampaikan bahwa semakin banyak permasalahan yang ada, maka semakin banyak potensi inovasi yang dapat diaplikasikan, karena teknologi merupakan alat bantu untuk mempermudah aktivitas bukan memberatkan aktivitas kita.

    Sesi penyampaian materi kedua disampaikan oleh Suci Sri Utami Sutjipto, S.T., M.Kom., MPP. yang membahas tentang perkembangan Teknologi Informasi. Beliau menjelaskan bahwa teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat. Dari yang awalnya menggunakan telepon, televisi, handphone, radio, komputer, hingga internet yang saat ini sudah digunakan oleh seluruh rakyat di Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat dari segi pendidikan dan pekerjaan, serta interaksi sosial yang dilakukan melalui internet.

    Sesi penyampaian materi ketiga disampaikan oleh Irman Hermadi, S.Kom., MS., Ph.D yang membahas pengantar tentang masa depan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Beliau menyampaikan bahwa Sistem Informasi merupakan salah satu solusi terhadap bisnis. Sistem Informasi memiliki komponen management organization dan teknologi. Masa depan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi adalah data. Jika datanya baik, maka keputusan yg diambil juga baik, begitupun sebaliknya.

    Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan datang dari berbagai kalangan terutama terkait dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi di masa mendatang.