English Indonesian

  • Webinar Akuntansi – Perhitungan SPP PPh Wajib Pajak Orang Pribadi

    • December 16, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Webinar Akuntansi – Perhitungan SPP PPh Wajib Pajak Orang Pribadi

    Kamis (16/12) IBI Kesatuan dari unit Marketing telah mengadakan Webinar Akuntansi dengan tema “Perhitungan SPP PPh Wajib Pajak Orang Pribadi”, yang bekerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan diselenggarakan secara online melalui aplikasi ZOOM Meeting. Webinar dimulai pada pukul 10.00 s.d selesai. Webinar ini diadakan secara khusus untuk seluruh guru dari SMK Kota Bogor.

    Webinar Akuntansi ini dihadiri oleh 87 guru dari berbagai SMK di Kota Bogor, Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Bisnis, Kaprodi S1 Akuntansi, dan Kepala unit Marketing beserta seluruh Staff Marketing IBI Kesatuan.

    IBI Kesatuan juga menghadirkan pembicara Kusuma Dewi, S. Akun., M.Ak., BKP., dan moderator Muslih Faridi Saripudin, A.Md. M. Acara dipandu oleh Cici Mintarsih, SM selaku Master of Ceremony.

    Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Nusa Muktiadji, Ir., MM selaku Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan IBI Kesatuan. Beliau menyampaikan bahwa IBI Kesatuan memiliki kewajiban untuk pengabdian masyarakat, diantaranya kepada dosen dan para peserta yang hadir pada webinar kali ini. Beliau berharap webinar ini dapat bermanfaat untuk guru-guru akuntansi.

    Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disajikan oleh pembicara Kusuma Dewi, S. Akun., M.Ak., BKP. Beliau menjelaskan tentang cara serta memberikan contoh dalam pengisian SPT baik secara manual maupun secara elektronik (online). Beliau juga berbicara tentang cara menentukan jenis subjek pajak orang pribadi, kewajiban lapor wajib pajak, serta dokumen yang harus disiapkan untuk perhitungan dan pelaporan SPT OP.

    Setelah sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator, games dan doorprize, penyerahan sertifikat untuk pembicara, dan ditutup dengan closing statement oleh Rizal Riyadi SE., MM. selaku Kepala unit Tax Center IBI Kesatuan yang memperkenalkan unit Tax Center kepada para peserta.

    Tax center merupakan bagian dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung kegiatan akademik dengan fokus utama pada pendidikan dan pelayanan masyarakat di bidang perpajakan. Tax Center IBI Kesatuan memiliki tugas pokok dan fungsi dalam hal penyelenggaraan pelatihan serta sosialisasi perpajakan di lingkungan IBI Kesatuan dan masyarakat.

    Penulis: CC*