English Indonesian

  • Trik Sukses dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)

    • November 5, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Trik Sukses dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)

    UTS atau Ujian Tengah Semester diselenggarakan pada pertengahan semester di tiap perguruan tinggi ataupun di tiap sekolah. Namun, kali ini UTS masih diselenggarakan secara daring atau online dikarenakan masih dalam kondisi pandemik covid – 19.

    Cara UTS secara daring memang masih terbilang baru, sehingga tidak jarang ada mahasiswa/i yang merasa kesulitan. Tapi kamu tidak perlu khawatir untuk menghadapi UTS karena ada trik yang akurat dan sukses yang akan membuat kamu bisa lancar dalam mengerjakan soal-soal UTS.

    1. Belajar

    Belajar sudah jelas menjadi hal yang wajib jika kamu ingin sukses dalam menghadapi UTS. Jangan sampai kamu hanya mengandalkan faktor keberuntungan, dan jangan sampai kamu menggunakan sistem kebut semalam (SKS), lho! Karena kamu bisa bayangkan jika waktu belajar hanya mengandalkan 1 malam sebelum pelaksanaan UTS saja, dan banyak materi UTS yang belum pernah kamu baca atau belum kamu pahami. Keesokan harinya, kamu malah kelelahan karena baca materi semalaman dan jadi tidak fokus dalam mengerjakan soal-soal UTS. Jadi, kamu harus belajar dari jauh-jauh hari untuk memahami materi-materi yang mungkin akan keluar saat UTS ya.

    2. Buat Time Schedule

    Buatlah manajemen waktu sebaik mungkin agar belajarmu dalam menghadapi UTS sangat kondusif. Kamu harus bisa membagi waktu antara belajar, main dan aktivitas harian lainnya. Misalnya, sebelum kamu bermain game atau hangout bersama teman-temanmu, selesaikanlah terlebih dahulu tugas dan agenda sebelum UTS berlangsung agar kamu bisa membagi waktumu dengan adil.

    3. Jaga Kesehatan

    Menjelang UTS, biasanya banyak mahasiswa yang kelelahan karena belajar terlalu giat agar bisa mendapatkan nilai UTS yang memuaskan. Namun, jika semua usaha sudah kamu lakukan mulai dari belajar hingga rutin mengerjakan latihan soal tapi kondisi kesehatanmu tidak dijaga, pasti kamu tidak bisa mengerjakan soal UTS dengan baik. Makanlah makanan yang bergizi, minum vitamin, serta rutin berolahraga agar tetap sehat dan siap menghadapi UTS dengan tubuh yang prima.

    4. Buatlah Catatan Kecil

    Catatan kecil ini bukan untuk mencontek lho ya, melainkan agar kamu bisa mengingat lebih mudah materi khususnya dari kisi-kisi yang dosen berikan dari masing-masing mata kuliah yang kamu ikuti. Biasanya mahasiswa akan lebih mudah mengingatnya apalagi dengan sistem re-write materi yang pernah disampaikan dosen kamu. Setidaknya, kamu akan mengingat dan memahami poin-poin tulisan yang kamu tulis sendiri dari materi tersebut.

    5. Berdoa

    Berdoa merupakan hal yang paling penting dari semua usaha yang sudah kamu lakukan. Setelah semua usaha yang kamu lakukan untuk UTS sudah dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar kamu diberi kelancaran dalam menghadapi UTS.