English Indonesian

  • Seminar Online: Mitigasi Penyebaran Wabah COVID-19 di Lingkungan Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

    • December 24, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Seminar Online: Mitigasi Penyebaran Wabah COVID-19 di Lingkungan Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

    Pada hari Rabu (23/12/2020) pada pukul 19.00 WIB, IBI Kesatuan Bogor menyelenggarakan Webinar yang bertema “Mitigasi Penyebaran Wabah COVID-19 di Lingkungan Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan” secara live melalui Zoom Meeting dan Youtube IBI Kesatuan.

    Webinar kali ini menghadirkan Yayuk Nurjanah, SE., M.Ak. sebagai moderator, dr. Harryanzar Syah selaku praktisi kesehatan, serta Ir. Pandu Wardhana, MM. selaku anggota sekretariat Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sebagai narasumber. Acara dibuka oleh Dr. H. Iriyadi., Ak., M.Comm., CA selaku Rektor IBI Kesatuan. Beliau berharap seminar online yang diadakan kali ini bisa memberikan bekal dan manfaat untuk para civitas IBI Kesatuan agar selalu menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

    Sambutan dilanjutkan oleh Agus Supriyatna, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IV. Beliau menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi sekarang ini yang belum diketahui kapan akan berakhir, kesehatan merupakan hal yang paling utama. Hal tersebut merupakan langkah yang baik bagaimana kita harus mempersiapkan diri sebelum kita memasuki semester genap di bulan Januari 2021. Beliau juga menyampaikan bahwa di semester genap nanti, pembelajaran TA 2020-2021 di masa pandemi COVID-19 ini dapat dilaksanakan secara campuran, yaitu secara tatap muka dan daring. Namun, perguruan tinggi harus memprioritaskan kesehatan warga kampus yaitu mahasiswa dosen, karyawan, serta warga sekitar.

    Pada pemaparan sesi pertama, Ir. Pandu Wardhana, MM. membahas topik mengenai pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Kota Bogor. Seperti yg sudah diberitakan oleh media massa, syarat untuk kita berpergian dari kota ke kota, provinsi ke provinsi, maupun ke beberapa daerah sudah sangat ketat. Bahkan di bandara hingga stasiun kereta api sudah disyaratkan untuk membawa surat hasil PCR, swab test, atau rapid antigen. Beliau menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di Kota bogor setiap hari semakin naik.

    Berdasarkan update terakhir pada tanggal 22 Desember 2020, total kasus COVID-19 sudah mencapai 4763 orang, dan diprediksi sebentar lagi akan sampai di angka 5000an. Namun kita tertolong karena kasus kesembuhan dari penderita yang terpapar COVID-19 juga semakin tinggi, yaitu dengan total 3826 orang dan naik sebanyak 201 orang.

    Dari kasus COVID-19 yang ada di Kota Bogor ini, presentase paling besar memang di usia produktif, yaitu di usia 20-49 tahun. Satgas Kota Bogor juga melakukan strategi untuk mencegah dan mengendalikan COVID-19 di Kota Bogor, Strategi yang dilakukan yaitu dengan mengutamakan 3T (Tracing, Testing, & Treatment) dan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

    Pada pemaparan sesi kedua, dr. Harryanzar Syah membahas topic tentang Protokol Kesehatan di Lingkungan Kampus IBI Kesatuan. Beliau menjelaskan karena virus COVID-19 ini adalah baru, kita belajar lebih banyak setiap saat, dan apa yang kita ketahui sekarang mungkin akan berubah. Meskipun banyak yang belum kita ketahui tentang virus baru ini, kita tetap dapat mencegah penyakit tersebut.

    Beliau memberikan beberapa tips untuk mencegah COVID-19, diantaranya yaitu dengan mengenakan masker wajah (atau kain penutup hidung dan mulut) di tempat umum, jika mengalami gejala apa pun meski hanya ringan, tetaplah di rumah serta sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

    Beliau juga memberikan saran untuk mengurangi stress di masa pandemic COVID-19, beberapa diantaranya yaitu beristirahatlah dari mendengarkan, menonton, atau membaca tentang COVID-19 secara rutin, termasuk di media sosial, fokus pada fakta COVID-19 dan pahami risikonya bagi diri kita sendiri dan orang yang kita sayangi, serta pisahkan fakta dari rumor. Kumpulkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya.

    Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan datang dari berbagai kalangan terutama terkait dengan pencegahan COVID-19, serta membagikan doorprize untuk 10 orang pemenang dengan pertanyaan terbaik di akhir acara.

    Penulis : Cindy Claudia S.M