English Indonesian

Profil IBI Kesatuan

Overview & Sejarah IBIK

OVER VIEW

 

Yayasan Kesatuan yang didirikan dengan akta notaris Tn. Sie Kwan Djioe tanggal 26 September 1953 sebagai Badan Hukum Pembina dan Penyelenggara dari Akademi Tatalaksana Kesatuan, Bogor. Kemudian tahun 1974 berkembang menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK) dengan 2 (dua) Program Studi yakni D3 Manajemen Keuangan dan Perbankan dan D3 Manajemen Pemasaran. Kemudian tahun 1996 Yayasan Kesatuan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan, dengan 2 Program Studi Strata-1 dan 1 Program Studi D3, yakni Strata 1 Manajemen, Strata 1 Akuntasi, D3 Akuntansi, dengan SK Pendirian Nomor 42/D/O/1996 tanggal 17 Juli 1996. Pada tahun 2009, AMK disatukan di bawah naungan STIE Kesatuan dan Pada tahun 2019, STIE Kesatuan berubah menjadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan).

 

Dengan Visi, yaitu mejadi perguruan tinggi yang unggul dan berkualitas bidang bisnis, informatika dan pariwisata ditingkat nasional, relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat dengan mengedepankan moral dan etika. Dan memiliki Misi : menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran berkualitas berdasarkan standar mutu nasional dan internasional. Menyelenggarakan kegiatan kajian, penelitian produk-produk intelektual bernilai ekonomi ( intellectual economic value products ) sesuai kebutuhan bangsa dan dunia. Melaksanakan kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengatasi persoalan bisnis, informatika dan pariwisata lingkungan nasional dan internasional

 

Melalui tridarma perguruan tinggi, IBI Kesatuan haruslah menjadi perguruan tinggi yang dikenal serta memiliki reputasi baik Lembaga ini dinamakan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan). Maksud diberi nama Kesatuan adalah untuk selalu mengenang tekad pemuda pemudi yang membentuk persatuan dan kesatuan bangsa berjuang untuk mencapai kemerdekaan. IBI Kesatuan diharapkan akan memberikan sumbangsihnya kepada negara dan bangsa untuk melahirkan insan-insan intelektual yang memiliki wawasan dan keimanan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mewarisi semangat juang pemuda pemudi. Ditinjau dari tersedianya lembaga pendidikan tinggi dihubungkan dengan banyaknya Sekolah Menengah Umum di lingkup wilayah Bogor dan belum adanya lembaga pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri kepada program studi ilmu ekonomi, maka atas dasar pemikiran itulah berdiri Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan) ini.

 

Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan) selalu berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam masyarakat akademik Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan) yang lebih optimal memerlukan jaminan tata kelola organisasi dan manajemen menuju kebijakan berbasis mutu, mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan) berharap di masa yang akan datang menjadi perguruan tinggi yang mampu menciptakan lulusan yang memiliki akhlak baik dan kemampuan intelektual yang kuat, melalui pengembangan pendidikan karakter.

SEJARAH

 

 

1949: Tahun Berdirinya Yayasan Kesatuan

 

Yayasan Kesatuan berdiri pada Tahun 1949, dan menyelenggarakan pendidikan dasar oleh Prof. Thung di Jalan City (Jalan Rangggading saat ini). Sekolah ini terkenal dengan nama Sekolah Dasar Prof. Thung.

 

1953: Menyelenggarakan Pendidikan Dasar dari SD Hingga SLTA

 

Kemudian tahun 1953, Yayasan Kesatuan menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari tingkat Pendidikan Dasar, kemudian dilanjutkan dengan Pendidikan Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Menengah Atas (SMA).

 

1972: Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi : Akademi Tata Laksana Kesatuan

 

Dengan tekad untuk turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga untuk memenuhi permintaan masyarakat akan tenaga-tenaga pendidikan tinggi dan profesional di bidang manajemen, maka pada tanggal 24 Desember 1972 Yayasan Kesatuan menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Setingkat Akademi (D-3) dengan nama Akademi Tata Laksana Kesatuan Bogor dengan membina tiga Program Studi yaitu Program Studi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Produksi.

 

1982: Berubah Nama Menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK)

 

Pada tahun 1982 Akademi Tata Laksana Kesatuan Bogor memperoleh status akreditasi TERDAFTAR dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0341/O/1982 tanggal 2 Nopember 1982 dan berubah nama menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK) Bogor.

Pada tahun 1992 Akademi Manajemen Kesatuan Bogor memperoleh status akreditasi DIAKUI berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) No.66/DIKTI /Kep/1994 tanggal 19 Desember 1994 untuk Program Studi Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.

Saat ini Program Studi pada Akademi Manajemen Kesatuan telah memperoleh predikat Akreditasi “B”. Predikat ini pertama kali diperoleh pada tahun 2004, dan kembali di-reakreditasi pada tahun 2007.

 

 

1994: Mendirikan Program S-1 : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIE Kesatuan)

 

Berangkat dari keberhasilan AMK, Yayasan Kesatuan kemudian mendirikan Pendidikan yang lebih tinggi setingkat Sarjana (Strata-1).

Dengan Surat Keputusan Yayasan Kesatuan Nomor SK 19/YAY/1994 tanggal 29 Oktober 1994 didirikanlah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIE Kesatuan) dan memperoleh surat izin penyelenggaraan pendidikan Program Strata-1 untuk Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Atas dasar Surat ijin Kopertis Wilayah IV Jawa Barat tersebut, maka pada Tahun Akademik 1995/1996 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan membuka perkuliahan jenjang pendidikan Strata-1 Selanjutnya sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 42/D/O/1996 tanggal 17 Juli 1996 , Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan memperoleh status akreditasi terdaftar. Dalam rangka pengembangan, selanjutnya STIEK membuka Program Diploma III Jurusan Akuntansi dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi RI Nomor 395/DIKTI/KP/1998.

Pada saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Kesatuan telah terakreditasi ”B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk semua Program Pendidikan baik itu Program Diploma III Akuntansi maupun Program Strata-1 (S-1) Manajemen dan Akuntansi.

 

 

1996: Mendirikan Pusat Pendidikan dan Keterampilan Kesatuan (P2K)

 

Untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja yang begitu pesat, maka sejak Tahun Akademik 1996/1997 Yayasan Kesatuan membuka Pendidikan Setara Diploma I (D-I) untuk Jurusan Akuntansi, Komputer dan Sekretaris yang bernama Pusat Pendidikan Keterampilan Kesatuan (P2K Kesatuan). Pada Tahun Akademik 2003/2004, P2K Kesatuan melakukan pengembangan dengan membuka Program pendidikan setara Diploma II untuk jurusan komputer informatika dan perubahan jurusan Akuntansi menjadi komputer Akuntansi.

 

 

2006: P2K digabungkan ke dalam LPPM STIE Kesatuan

 

Untuk memberikan perhatian yang lebih khusus, dan untuk mengembangkan P2K pada masa yang akan datang sebagai training center dan sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat., sejak Tahun Akademik 2006/2007 P2K menyatukan diri kepada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan dibawah Lembaga Pengabdian Masyarakat.

 

 

2009 : Penggabungan AMK ke dalam STIE Kesatuan

 

Dalam rangka pengembangan organisasi selanjutnya, maka pada awal tahun 2009. Berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.09/D/O/2009 tepatnya tanggal 26 Februari 2009, telah dilakukan penggabungan untuk kedua program studi AMK ke dalam STIE Kesatuan, penggabungan ini dimaksudkan sebagai langkah awal menuju pengembangan STIE KESATUAN pada masa yang akan datang.

 

 

2019 : Transformasi dari STIE Kesatuan Menjadi IBI Kesatuan

 

Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 764/KPTll/2O19 tanggal 23 Agustus 2019, tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan di Kota Bogor menjadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan.