English Indonesian
KOMPETENSI LULUSAN
  1. Data Scientist
  2. Spesialis Tata Kelola TI
  3. Analis Sistem
  4. Pengembang Software
  5. Technopreneur

 

KEAHLIAN MENGUASAI

Seiring dengan kemampuan lulusan yangdiharapkan, maka capaian pembelajaran yang akan diukur adalah

  1. Memiliki kemampuan menganalisis data berskala besar, menghasilkan model analisis data yang reusable, serta mengkomunikasikan dan mempresentasikan hasil dari model analisis data tersebut.
  2. Memahami penerapan konsep tata kelola sistem informasi yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan, serta mampu mengoptimalkan peluang-peluang yang ditawarkan teknologi informasi terkini untuk pencapaian tujuan perusahaan.
  3. Mengidentifikasi isu-isu organisasi yang berkaitan dengan sistem, menganalisis dan memodelkan proses bisnis dan data, serta mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menghasilkan solusi bagi pencapaian tujuan organisasi
  4. Menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem informasi untuk meningkatkan nilai perusahaan.
Visi

“Mengembangkan ilmu pengetahuan Sistem Informasi yang unggul di bidang rekayasa data di tingkat Global yang Berkarakter Kewirausahaan”

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang sistem informasi berdasarkan standar mutu  nasional dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan kajian, penelitian dan produk-produk intelektual bernilai ekonomi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang sistem informasi sesuai kebutuhan nasional dan Internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pelayanan, dan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang sistem informasi dalam lingkup nasional dan Internasional.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang sistem informasi yang berkarakter dan kompetitif.
  2. Menghasilkan kajian, penelitian, dan karya-karya intelektual dalam bidang sistem informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dalam bidang sistem informasi guna pemberdayaan masyarakat dan reputasi program studi.

PROSPEK KARIR

Profil Lulusan Prospek Karir
Data Specialist Database Specialist, Data Analyst, Data Engineer
Software Developer Web Programmer, Mobile Programmer, Application Tester
IT Governance, Risk, and Compliance Specialist IT Consultant, IT Auditor
System Analyst System Architect, Software QA
Technopreneur Wirausahawan

PROGRAM PENUNJANG KOMPETENSI

  1. Sertifikasi Bidang Data Analyst
  2. Sertifikasi Bidang Tata Kelola TI
  3. Sertifikasi Bidang Arsitektur Perangkat Lunak
  4. Sertifikasi Bidang Pemrograman / PengembanganAplikasi
  5. Sertifikasi Bidang Kewirausahaan dan penguasaan software tertentu

KEUNGGULAN LULUSAN

Profil Lulusan Prospek Karir
Data Specialist Lulusan Sistem Informasi IBIK memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi Sistem Informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif.
Software Developer Lulusan Sistem Informasi IBIK memiliki kemampuan dalam merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan basis data, serta menganalisis data.
IT Governance, Risk, and Compliance Specialist Lulusan Sistem Informasi IBIK memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, dan merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.
System Analyst Lulusan Sistem Informasi IBIK memiliki kemampuan untuk menerapkan, memelihara, mendukung, mengembangkan solusi dalam permasalahan perancangan sistem informasi dalam suatu organisasi atau antar organisasi.
Technopreneur Lulusan Sistem Informasi IBIK memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah di masyarakat.

INDUSTRI PENGGUNA

Profil Lulusan Prospek Karir
Data Specialist Industri Jasa Keuangan, Perdagangan, dan Manufaktur.
Software Developer Industri Jasa Pengembang Aplikasi
IT Governance, Risk, and Compliance Specialist Industri Jasa Pemeriksaan dan Pengembangan Sistem Informasi
System Analyst Industri Jasa Penjaminan Mutu danPengembangan Sistem Informasi
Technopreneur Wirausahawan

lihat kurikulum di sini

DOSEN TETAP SISTEM INFORMASI

  • Ade Mulyana, S.SI., M.Kom.

  • Egi Adithia Pradana, S.Kom., M.Kom.

  • Rahma Djati Kusuma, S.SI., M.T.

  • Edi Nurachmad, S.Kom.,M.Kom