English Indonesian

PRESS RELEASE

Revolusi 4.0 : Tantangan dan Peluang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Era Industri Digital

  • GRAND LAUNCHING IBI KESATUAN

    • December 12, 2019
    • Posted By : IBI KESATUAN
    • 0 Comment

    Revolusi 4.0 : Tantangan dan Peluang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Era Industri Digital

    I. Sejarah singkat perkembangan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan:

    Dalam rangka ikut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan memenuhi permintaan masyarakat akan tenaga pendidikan tinggi dan profesional di bidang manajemen, maka pada tahun 1972, Yayasan Kesatuan menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Setingkat Akademi (D3) dengan nama Akademi Tata Laksana (ATL) Kesatuan Bogor, dengan Program Studi D3 Manajemen Keuangan, D3 Manajemen Pemasaran, dan D3 Manajemen Produksi. Sehubungan dengan perkembangan zaman pada saat itu, Akademi Tata Laksana Kesatuan Bogor berubah nama menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK) Bogor pada tahun 1982.

    Berangkat dari keberhasilan AMK, pada tahun 1994 Yayasan Kesatuan kemudian mendirikan pendidikan setingkat sarjana (strata-1), yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan dengan Program Studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Selanjutnya dalam rangka pengembangan perguruan tinggi, STIEK menambah Program Studi D3 Akuntansi pada tahun 1998.

    Dalam rangka pengembangan organisasi selanjutnya, maka pada tahun 2009 dilakukan penggabungan AMK dengan STIE Kesatuan. Dalam penggabungan ini, Program Studi di STIE Kesatuan menjadi 5 Program Studi, yaitu Program Studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Keuangan, dan D3 Manajemen Pemasaran. Penggabungan ini dimaksudkan sebagai langkah awal menuju pengembangan STIE Kesatuan pada masa yang akan datang.

    Sehubungan dengan rencana pengembangan STIE Kesatuan, Yayasan Kesatuan melakukan perubahan bentuk perguruan tinggi dari sekolah tinggi menjadi institut. Dengan proses yang cukup panjang dan usaha yang keras, akhirnya pada tahun 2019 ini berdasarkan Surat Keputusan Menristekdikti Republik Indonesia Nomor 764/KPT/I/2019 tanggal 23 Agustus 2019, STIE Kesatuan resmi berubah bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan menjadi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan.

    Perubahan bentuk perguruan tinggi ini diikuti dengan penambahan program studi baru, dimana sebelumnya terdapat 5 program studi yang terdiri dari program S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Keuangan dan Perbankan, dan D3 Manajemen Pemasaran, ditambah 4 Program Studi baru, yaitu Program Studi S1 Pariwisata, S1 Bio-Kewirausahaan, S1 Sistem Informasi, dan S1 Teknologi Informasi.

    page1image64050432

    II. Pengembangan Program Studi di IBI Kesatuan:

    Sebelum melakukan perubahan bentuk dari STIE Kesatuan menjadi IBI Kesatuan serta penambahan 4 program studi baru, kami telah memiliki 5 program studi pada bidang ekonomi dan bisnis, yaitu program studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Keuangan dan Perbankan, serta D3 Manajemen Pemasaran. Program studi tersebut merupakan program studi yang terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi saat ini dan kebutuhan masyarakat.

    Saat ini program studi S1 akuntansi serta D3 Keuangan Perbankan kami memiliki akreditasi “A”, untuk program studi S1 Manajemen, D3 Akuntansi, dan D3 Manajemen Pemasaran memiliki akreditasi “B”. Dengan telah terakreditasinya program studi tersebut menunjukkan bahwa kami menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.

    Akibat dari pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi, bidang ekonomi dan bisnis semakin berkembang pesat dikarenakan dunia seakan tanpa batas dan mudah serta cepatnya proses pertukaran informasi. Bidang ini juga telah berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tren masyarakat modern serta pengaruh sektor-sektor lain serta menumbuhkan konsep ekonomi baru, seperti e-commerce dan ekonomi kreatif.

    Saat ini industri sedang dihadapkan pada revolusi 4.0 dimana mulai terlihat adanya digitalisasi dalam meningkatkan bisnis, efesiensi bisnis, organisasi, dan memperbarui lingkungan hidup melalui manajemen aset yang lebih baik. Teknologi mempermudah manusia dalam melakukan akses terhadap informasi melalui teknologi digital yang bebas dan terkendali. Perkembangan teknologi ini membentuk masyarakat dunia menjadi masyarakat era digital.

    Salah satu hal terbesar dalam revolusi industri 4.0 adalah IoT (Internet of Things) yang memiliki kemampuan dalam menyambungkan dan memudahkan proses komunikasi antara mesin, perangkat, sensor, dan manusia melalui jaringan internet yang dapat dilakukan secara real time tanpa batas ruang dan waktu.

    Dalam menghadapi era industri digital ini, terdapat berbagai peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan besar bagi masyarakat, seperti industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua industri tersebut diperkirakan dapat menjadi motor penggerak bisnis di Indonesia saat ini. Didukung dengan teknologi digital yang memadai diprediksi mampu menigkatkan pertumbuhan ekonomi.

    Industri pariwisata Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat karena mengingat potensi wisata di Indonesia yang masih banyak. Harapan utama dari peningkatan industri pariwisata adalah pemerataan pembangunan fasilitas wisata pada daerah wisata, selain itu untuk mendukung industri pariwisata diperlukan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

    Selain industri pariwisata, industri ekonomi kreatif juga menjadi salah satu bidang industri yang memiliki peluang besar untuk berkembang pesat dalam era industri digital. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Ekonomi kreatif ini mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakan ekonomi.

    Dengan semakin berkembangnya industri ekonomi kreatif berbasis elektronik menjadikan peluang industri ini semakin banyak diminati.

    Untuk menjawab tantangan dan peluang bisnis di era industri digital saat ini terutama industri pariwisata dan ekonomi kreatif, maka melakukan perubahan bentuk perguruan tinggi dari STIE Kesatuan menjadi IBI Kesatuan dengan menambah 4 program studi baru yaitu S1 Pariwisata, S1 Bio-Kewirausahaan, S1 Sistem Informasi, dan S1 Teknologi Informasi. Adanya penambahan 4 program studi baru tersebut guna untuk dapat mendukung program studi yang sudah ada yaitu S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, serta D3 Keuangan dan Perbankan. Keseluruhan program studi ini terkait satu sama lain danbesar harapan kami untuk dapat menghadapi tantangan dan peluang pada era digital ini.

    Perubahan ini merupakan sebuah prestasi sekaligus langkah besar yang sangat bersejarah bagi Yayasan Kesatuan karena ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi semakin besar. Kami berupaya untuk dapat menjawab tantangan diatas yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang baik di bidang tersebut dan mengambil peluang dalam mengembangkan bisnis di bidang industri pariwisata dan ekonomi kreatif di era industri digital ini.

    III. Grand Launching Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan:

    Tepat pada hari ini Kamis, 12 Desember 2019, kami telah menyelenggarakan acara Grand Launching IBI Kesatuan dan Seminar dengan tema “Revolusi Industri 4.0 : Tantangan dan Peluang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Era Industri Digital”.

    Kami ucapkan terima kasih kepada pembicara yang telah hadir, Ibu Angela Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Dedie A Rachim selaku Wakil Walikota Bogor, Bapak Helmy Yahya selaku Direktur Utama TVRI, Ibu Veronika Gunawan selaku CEO Mister Aladin, serta Bapak Biakman Irbansyah selaku Ketua Pengurus Yayasan Kesatuan, yang sudah membagikan ilmu dan pengalamannya di dunia pariwisata dan ekonomi kreatif kepada seluruh civitas akademik IBI Kesatuan serta masyarakat umum. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Moermahadi Soerja Djanegara atas dukungan dan membina IBI Kesatuan sampai saat ini.

    Tidak lupa kami panjatkan juga puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa dengan terlaksananya acara Grand Launching IBI Kesatuan ini merupakan momentum ini penting sebagai milestone baru dalam kemajuan Lembaga Pendidikan Kesatuan di masa mendatang. Besar harapan kami supaya dapat terus memajukan pendidikan di Indonesia dan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing serta mampu menjawab tantangan perkembangan dunia.

No comments found

LEAVE COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *