English Indonesian

Program Beasiswa IBI Kesatuan

Jenis dan Persyaratan Program Beasiswa

BEASISWA UNGGULAN


Beasiswa unggulan adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa baru siswa/i SMA/K yang memiliki prestasi peringkat 1-5 pada semester 1-4 di masing-masing kelas dan telah dinyatakan lolos seleksi Tahap 1, 2, dan 3 yang diselenggarakan IBI Kesatuan.

 

Para penerima beasiswa unggulan akan mendapatkan bebas seluruh biaya perkuliahan sampai dengan wisuda jika dinyatakan LULUS seluruh proses seleksi (seleksi administrasi tahap 1, 2, dan 3). Bebas biaya tersebut meliputi:

1. Biaya Pendaftaran
2. Biaya Sumbangan Pembangunan
3. Biaya UKT selama 6 (enam) semester untuk Program Vokasi
4. Biaya UKT selama 8 (delapan) semester untuk Strata 1 / Sarjana
5. Biaya Sidang dan Wisuda

 

*Biaya UKT meliputi SPP, SKS, Jas Almamater, TOEFL, Sertifikasi, Sarana, Perpustakaan, Laboratorium, Klinik, Layanan Akademik, Kunjungan Perusahaan, serta Career Development Center

BEASISWA AKADEMIK


Beasiswa akademik adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa baru siswa/i SMA/K yang memiliki prestasi peringkat 1-10 pada semester 1-4 di masing-masing kelas, dan telah dinyatakan LOLOS seleksi. Seleksi beasiswa akademik meliputi seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik (TPA), serta interview. Jenis beasiswa akademik adalah sebagai berikut:

  1. Beasiswa Gold: Bebas biaya 100% untuk Sumbangan Pembangunan (SP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per-semester

  2. Beasiswa Silver: Bebas biaya 75% untuk Sumbangan Pembangunan (SP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per-semester

  3. Beasiswa Bronze: Bebas biaya 50% untuk Sumbangan Pembangunan (SP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per-semester

BEASISWA NON AKADEMIK


Beasiswa non akademik merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa baru jenjang D3/S1 yang memiliki prestasi di bidang olahraga dan atau seni minimal tingkat Nasional atau Internasional. Jenis beasiswa non akademik yaitu berupa beasiswa silver dengan bebas biaya 75% untuk Sumbangan Pembangunan (SP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per-semester, serta beasiswa bronze dengan bebas biaya 50% untuk Sumbangan Pembangunan (SP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per-semester.

Seleksi beasiswa non akademik meliputi seleksi administrasi berupa:

  1. Peserta adalah siswa SMA/K/MA di seluruh Indonesia

  2. Melampirkan fotokopi sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat internasional (beasiswa silver) dan kejuaraan tingkat nasional (beasiswa bronze)

  3. Melampirkan surat rekomendasi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atau instansi lain yang berwenang

  4. Mengikuti proses seleksi dan berdasarkan kuota yang ditentukan oleh IBI Kesatuan