English Indonesian

  • Pilih Jurusan Teknologi Informasi atau Jurusan Sistem Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya!

    • April 22, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Pilih Jurusan Teknologi Informasi atau Jurusan Sistem Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya!

    Banyak calon mahasiswa IBI Kesatuan yang bertanya tentang apa perbedaan antara Jurusan Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI), karena mereka menganggap bahwa kedua jurusan tersebut adalah jurusan yang sama. Padahal, dari namanya saja sudah berbeda, serta kurikulum yang dipelajari TI & SI pun juga jelas berbeda. Apa sih, yang membuat jurusan Teknik Informasi dan Sistem Informasi seperti serupa namun ternyata tak sama? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

    Pengertian
    Teknologi Informasi adalah Disiplin ilmu yang mempelajari solusi-solusi teknologi komputer bagi organisasi bisnis, pemerintah, kesehatan, sekolah dan organisasi lainnya. Sedangkan Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang fokus pada bagaimana mengintegrasikan solusi-solusi teknologi informasi dengan proses-proses bisnis agar mampu memenuhi kebutuhan dan tujuan dari organisasi agar lebih efektif dan efisien.

    Disiplin ilmu
    Jurusan Teknologi Informasi lebih menekankan pada aspek teknologinya dari pada informasi yang disampaikanya. Mahasiswa lebih dituntut memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis, serta pengalaman dalam memilih produk-produk hardware dan software, mengintergrasikan dengan kebutuhan infrastruktur organisasi, menginstall, mengkustomisasi dan memastikan teknologi informasi itu bekerja dengan benar, aman, meng-upgrade, merawat aplikasi tersebut. Sedangkan jurusan Sistem Informasi lebih menekankan teknologi informasi pada aspek informasi dan mengkaji teknologi sebagai alat untuk mengumpulkan, memproses dan mendistribusikan informasi. Mahasiswa lebih dituntut pada informasi-informasi apa yang disediakan oleh sistem komputer untuk mendukung dan membantu organisasi mencapai tujuannya dan proses-proses apa yang organisasi lakukan dalam pemanfaatan teknologi informasi.

    Kemampuan
    Jurusan Teknologi Informasi berkonsentrasi terhadap perancangan dan pengembangan suatu perangkat lunak dan aplikasi. Selain itu, mahasiswa jurusan Teknologi Informasi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam algoritma komputasi. Sedangkan jurusan Sistem Informasi menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi.

    Kurikulum
    Jurusan Teknologi Informasi sangat kental ilmu pengetahuannya terkait logika matematika, komputasi, dan algoritma yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer. Untuk mata kuliah di jurusan Teknologi Informasi kebanyakan merupakan mata kuliah bersifat teknis, misalnya seperti mata kuliah perhitungan, bahasa pemprograman, dan mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi dan perangkat lunak). Sedangkan jurusan Sistem Informasi ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing. Untuk mata kuliah di jurusan Sistem Informasi, terdapat pula bahasa pemprograman. Namun, yang membedakannya adalah terdapat mata kuliah yang bersifat pada pengembangan sistem dan mata kuliah manajemen.

    Prospek karir
    Lulusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dapat mendapatkan prospek kerja yang sangat menjamin. Lulusan TeknoIogi Informasi dapat menjadi system developer, system analyst, intelligent system developer information technology, serta media digital development. Sedangkan lulusan Sistem Informasi dapat menjadi data scientist, spesialis tata kelola TI, analis sistem, dan juga pengembang Software. Namun pada praktiknya, lulusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dapat bekerjasama pada bidang pekerjaan yang sama.

    Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan antara jurusan Teknologi Informasi dan jurusan Sistem Informasi? Jika kamu ingin menjadi seorang programmer, maka kamu bisa memilih jurusan Teknologi Informasi. Namun jika kamu ingin mempelajari sistem, Sistem Informasi merupakan pilihan yang tepat. Jadi, jurusan manakah yang akan menjadi pilihanmu di IBI Kesatuan?