English Indonesian

  • Pentingnya Membangun Relasi di Kalangan Mahasiswa

    • September 13, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Pentingnya Membangun Relasi di Kalangan Mahasiswa

    Dalam perkuliahan, networking atau relasi merupakan salah satu faktor penting untuk kesuksesan kamu, terutama dengan membangun relasi di antara mahasiswa IBI Kesatuan. Selain sebagai supporting system kamu selama kuliah, kamu juga dapat dengan mudah mengakses setiap lapis kehidupan mahasiswa.

    Tapi, bagaimana sih, cara membangun relasi selama kamu kuliah di IBI Kesatuan? Apa saja manfaat dalam berelasi? Yuk, simak ulasan berikut ini!

    Perluaslah lingkaran pertemananmu!

    Memperluas pertemanan
    Dengan memiliki banyak teman di kampus, otomatis relasi kamu juga terbangun. Kamu juga bisa memperluas pertemanan di luar kampus selain di dalam kampus. Manfaat dengan memiliki banyak teman pun bisa menjadi media untuk belajar toleransi, karena kamu bisa bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang, dan berbagai daerah. Di IBI Kesatuan cukup banyak mahasiswa rantau dari berbagai pulau, lho!

    HIMA IBI Kesatuan

    Mengikuti kegiatan dan organisasi
    IBI Kesatuan menyediakan wadah untuk para mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Beragam kegiatan seperti seminar / workshop pun tersedia di kampus baik diadakan dari masing-masing Program Studi maupun dari IBI Kesatuan itu sendiri. IBI Kesatuan juga memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari berbagai bidang. Terdapat beberapa UKM di IBI Kesatuan yang bekerja sama dengan perusahaan tertentu. Salah satunya adalah Capital Market Club yang bekerjasama dengan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI).

    Belajar komunikasi untuk membangun relasi

    Belajar komunikasi
    Dalam membangun relasi, belajar komunikasi sangat penting. Misalnya dengan mengikuti kegiatan sosial, proyek dosen, dan masih banyak lagi. Sering berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki beragam kepribadian akan membuat kamu paham bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Tidak mungkin kan, ketika kamu ngobrol dengan dosen tapi berbicara seperti dengan teman sebayamu di kampus? Hati-hati nanti nilai kamu dikurangi, lho. Hehe.

    Program magang di Bank Negara Indonesia (BNI)

    Mengikuti program magang
    Di IBI Kesatuan, kamu wajib mengikuti program magang yang akan dilaksanakan di semester 6 untuk Program Vokasi dan semester 8 untuk Strata-1. Program magang didesain agar mahasiswa bisa belajar tentang dunia kerja. Kamu bisa belajar banyak dari orang-orang profesional di tempat kamu mengikuti program magang. Kalau kamu menunjukkan kerja dan komunikasi yang baik, kamu bisa berkesempatan direkrut di perusahaan tempat kamu magang.

    Itulah beberapa poin sederhana yang bisa memicu kamu untuk melebarkan relasi. Kalau kamu ingin berjalan cepat, maka kamu bisa berjalan sendiri. Tapi kalau kamu ingin berjalan jauh, dan sangat jauh, maka berjalanlah bersama-sama. Membangun relasi di kalangan mahasiswa adalah investasi untuk masa depan.

    Jadi, sudah siapkah kamu berkenalan dengan teman-teman baru di IBI Kesatuan?

    Penulis: CC*