English Indonesian

Berita & Artikel

  • Mengelola Keuangan di Usia Muda Penting Lho

    • September 9, 2020
    • Posted By : IBI KESATUAN
    • Comments Off on Mengelola Keuangan di Usia Muda Penting Lho

    Usia muda merupakan usia dimana kita bisa bersenang-senang, namun perlu diingat usia muda tidaklah selamanya menjadi milik kita, berangsur-angsur usia akan semakin bertambah dan secara otomatis kemampuan kita dalam segala hal juga akan semakin berkurang termasuk dalam hal menghasilkan pendapatan. nah di saat mudalah kita harus bijak dalam mengelola keuangan agar dimasa tua dapat menjalani kehidupan dengan tenang dan damai.

    Dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan dikehidupan sehar-hari kamu agar uang yang kamu hasilkan tidak terbuang sia-sia

    Batasi Budget

    Membatasi Budget baik harian, mingguan maupun bulanan merupakan cara paling aman dalam menahan laju pengeluaran. Diakui atau tudak kamu pasti memiliki banyak keinginan yang pastinya membutuhkan biaya.

    Agar lebih mudah kamu tentukan saja berapa biaya yang harus dikeluarkan baik untuk harian, mingguan atau bulanan, misalnya untuk transportasi, biaya pulsa, biaya nongkrong dan lain-lain yang sesuai dengan kehidupan keseharian kamu.Nah dengan membatasi budget, keinginan-keingan yang tidak terencana yang akan menguras isi dompetmu pasti akan tertahan dan sisa dari penghasilan kamu bisa kamu tabung.

    Siapakan Dana Untuk Biaya Tak Terduga

    Selain mengtur budget pengeluaran, yang takkalah penting adalah menyiapan dana untuk hal-hal yang tak teduga atau dana darurat. Banyak ahli finansial yang menyarankan besaran dana tak terduga paling tidak sebesar tiga kali lipat dari biaya pengeluarn kamu. Hal ini sangat penting saat kamu harus mengeluarkan biaya tak terduga, kondisi keuangan kamu tidak menjadi goyah.

    Sisihkan untuk Dana Pensiun

    Selain dana darurat, meneyisihkan sebagain kecil pendapatan untuk menyiapkan hari tua juga sangat penting. Fisik yang menurun seiring bertambahnya usia akan membuat produktivitas kamu menurun. Pada suatu titik, kamu pun tak bisa lagi aktif bekerja. Nah, dana pensiun inilah yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun nanti.

    Usahakan untuk Menghindari Hutang

    Berhutang, baik dalam bentuk kredit bawang, kartu kredit atau pinjaman online suatu saat akan menjebak kamu dalam situasi yang sulit karena ada bunga yang harus kamu bayar selain hutang pokok, jika kamu terpaksa berhutanh hitung matang-matang apakah  pendapatan kamu bisa menutupi semua biaya termasuk biaya cicilan hutang tepat pada waktunya

    Berinvestasi

    Tak ada salahnya jika saat muda kamu sudah mulai belajar berinvestasi karena keadaan seperti saat ini menabung saja tidak cukup. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi salah satunya adalah dengan berinvestasi reksadana, namun demikian kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih investasi reksadana. jika investasi tersebut meragukan, carilah cara investasi yang cocok buat kamu