English Indonesian

  • Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi IBI Kesatuan, lolos top 3 ideas Nasional dalam Online Idea Meetup

    • August 28, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi IBI Kesatuan, lolos top 3 ideas Nasional dalam Online Idea Meetup

    Mahasiswa IBI Kesatuan Kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kini giliran Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh Krya.id yang berkolaborasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) beserta lembaga lainnya, dalam acara Idea for Now x Indonesia pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2020.

    Mereka adalah M. Visa Ramadhan, Muhammad Alvy Eka Fauzi, Nurul Fadila Rizky Isnaniyah, Muhamad Adlan Ridhani, Euis Nurjanah, Reza Zaini Fahmi dan Lodryk Lodefikus Sainyakit, yang berhasil membuat IBI Kesatuan bangga atas ide-ide yang membawa mereka meraih top 3 ideas.

    Lalu ide apa yang dibuat oleh M. Visa dan kawan-kawan sehingga mampu membawa mereka meraih top 3 ideas?. “Jadi awalnya saya melihat fenomena orang yang membuang sampah sembarangan didenda sedangkan orang yang membuang sampah pada tempatnya tidak diberikan apresiasi. Bukan hanya itu, saya juga melihat masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk yang “menghilangkan” sampah dengan cara dibakar atau dibuang ke sungai” ungkapnya.

    M. Visapun menambahkan bahwa berdasarkan fenomena itulah muncul ide Trash Go cara seru membuang sampah. Jadi melalui aplikasi Trash Go, masyarakat akan mendapatkan poin dari setiap sampah yang dibuang yang nantinya dapat ditukar dengan uang. Selain itu, ada layanan Trash Cather khusus untuk masyarakat yang tinggal dipemukiman padat penduduk. Jadi masyarakat tidak perlu lagi membakar sampah atau membuangnya di sungai.

    “Awalnya kami sama sekali tidak menyangka akan mengalahkan banyak peserta yang punya ide yang bagus-bagus juga. Ditambah kami masih semester pertama, yang masih harus banyak belajar lagi. Tapi alhamdulillah kami lolos dan masuk 3 besar dan tanggal 18 – 20 September 2020 nanti siap bersaing kembali ke tahap Hack for Now yaitu ke level Internasional” Ucap Muhammad Alvy.

    Suci Sri Utami Sutjipto, ST., M.Kom., MPP yang merupakan Dosen Teknologi Informasi IBIK Kesatuan sekaligus mentor pada acara Idea for Now x Indonesia, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang mahasiswanya raih, “Sejujurnya saya sangat surprise sekali teman-teman bisa meraih top 3. Saat itu saya sudah sangat bersyukur bisa meraih top 7. Saya berpikir ini sudah awal yang sangat baik bagi teman-teman dan akan menjadi motivasi untuk teman-teman jurusan TI dan SI lainnya, namun ternyata Allah berkehendak lain, teman-teman meraih top 3.” Ungkapnya bangga.

    Beliau berharap kedepannya Mahasiswa TI dan SI mampu bersaing secara global dan memberi kebermanfaatan untuk masyarakat banyak khususnya untuk bangsa dan negara Indonesia dan tentunya membawa nama besar IBI Kesatuan.

    Pada lain kesempatan, Edi Nurachmad, S.Kom., M.Kom. selaku Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi IBI Kesatuan, ikut mengungkapkan rasa bangganya, “Ini merupakan suatu pencapaian yang membanggakan bagi IBI Kesatuan. Karena berhasil masuk sebagai peserta kompetisi internasional Hack for Now dengan menyisihkan banyak peserta. Ini membuktikan bahwa Prodi dan IBIK mendukung dan memberikan kesempatan dan pengalaman agar mahasiswa dapat berkembang dan menambah wawasan diluar kegiatan akademiknya. Mudah-mudahan tim Trash Go IBIK dapat meraih prestasi pada kompetisi internasional tersebut. Saya bangga punya mereka.” Tutup beliau.

    Penulis : Muti Sulistian , S.I. Kom, Editor: FL