English Indonesian

  • Mahasiswa Program Studi Akuntansi IBI Kesatuan Mendapatkan Juara 1 dan 3 dalam Online Accounting and Economic Olympiad 2020

    • August 25, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Mahasiswa Program Studi Akuntansi IBI Kesatuan Mendapatkan Juara 1 dan 3 dalam Online Accounting and Economic Olympiad 2020

    Rangga Pangestu, Mahasiswa S1 Akuntansi IBI Kesatuan berhasil menjadi Juara Pertama dalam Online Accounting and Economic Olympiad yang diadakan secara online oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi dan Hima Pendidikan Akuntansi, Universitas PGRI Palembang. Bukan hanya Juara Pertama, Mahasiswi IBI Kesatuan lainnya yaitu Disva Margaretha Prasetyo dari Program Studi D3 Akuntansi berhasil mendapatkan Juara 3 dalam lomba yang bertemakan “Mengejar Mimpi dengan Ilmu Ekonomi dan Akuntansi”.

    Sebelum perlombaan dimulai, Program Studi S1 dan D3 Akuntansi bersama HIMA dan Kesatuan Accounting Club (KAC) melakukan rapat persiapan yang nantinya akan diutus beberapa Mahasiswa untuk mewakili IBI Kesatuan dalam perlombaan ini. Hingga terpilihlah 5 Mahasiswa tersebut yaitu perwakilian dari Program Studi S1 Akuntansi, Rangga Pangestu dan Abdillah Fajar, Program Studi D3 Akuntansi yaitu Ade Darmawan, Disva Margaretha dan Sherly Kusnanda.

    Lomba yang diadakan pada tanggal 20 Agustus 2020 ini, diikuti sebanyak 52 peserta yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta se-Indonesia. Peserta sendiri diberikan 200 soal dalam bentuk pilihan ganda, yang terdiri dari 100 soal Ekonomi dan 100 soal Akuntansi. Peserta diberikan waktu selama 2 jam untuk mengisi soal dalam bentuk google form.

    “Tidak ada persiapan khusus, saya hanya review kembali materi-materi yang dulu pernah saya pelajari di Semester 1 dan yang akan dilombakan seperti ekonomi dan akuntansi.” Ungkap Rangga. Mahasiswa semester 8 inipun menambahkan bahwa, berkat dukungan dari IBI Kesatuan khususnya para dosen yang terkait dan terjalin dengan baik, dirinya beserta rekan yang lain mendapatkan Juara I dan 3.

    Ketua Program Studi D3 Akuntansi, Yayuk Nurjanah, SE., M.Ak. memaparkan, salah satu cara untuk menambah pengalaman dan pembelajaran adalah dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan di luar Kampus. “Lomba ini merupakan pembelajaran untuk Mahasiwa supaya lebih percaya diri dan berkopetensi secara positif serta memberikan pengalaman dan meningkatkan kualitas diri. Jika kalahpun tidak menjadi masalah, justru belajar kalah dan menilai kekurangan akan menjadi salah satu cara untuk lebih baik dan tekun dalam belajar. Serta yang paling utama dapat menambah teman dari berbagai daerah”

    Pada lain kesempatan, Ketua Program Studi S1 Akuntansi, Firdaus Amyar, SE., MA., Ak., CA., Ph.D, menambahkan bahwa kompetisi online ini merupakan salah satu kesempatan yang sangat berharga bagi Mahasiswa Program Studi S1 dan D3 Akuntansi IBI Kesatuan untuk mengasah pengetahuan, berdiskusi dan berbagi ilmu dengan peserta lain. Hal ini juga membuktikan bahwa mahasiswa IBI Kesatuan merupakan mahasiswa unggul yang mempunyai daya saing dan prestasi tinggi.

    “Prodi mengharapkan mahasiswa untuk terus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan lomba dan kompetisi di luar kampus agar makin meningkatkan kepercayaan diri, kebanggaan dan prestasi untuk membekali mereka dalam persaingan global setelah lulus dari perkuliahan nanti.” Ungkap beliau.

    Penulis : Muti Sulistian, S.I. Kom