English Indonesian

  • Mahasiswa IBI Kesatuan Mendapatkan “Best Presentation” dalam Acara Pemilihan Putra Putri Wisata Jawa Barat 2021

    • November 12, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Mahasiswa IBI Kesatuan Mendapatkan “Best Presentation” dalam Acara Pemilihan Putra Putri Wisata Jawa Barat 2021

    Mahasiswa IBI Kesatuan (Yuda) berhasil mendapatkan “Best Presentation” dalam acara Pemilihan Putra Putri Wisata Jawa Barat 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 November 2020. Acara dilaksanakan di Hotel Asana Grand Pangrango, Kota Bogor yang diikuti oleh 28 orang yang berasal dari daerah Jawa Barat. Acara yang diselenggarakan oleh Putra Putri Wisata Jawa Barat ini merupakan perlombaan tingkat Provinsi Jawa Barat. Yuda adalah mahasiswa dari Program Studi Pariwisata S1, Fakultas Pariwisata & Informatika, angkatan tahun 2019.

    Sebelum karantina, Yuda harus menyiapkan unjuk bakat, survei desa, membuat video, serta mencari sponsor. Yuda mengikuti kegiatan survei desa, dan bertemu dengan penanggung jawab desa yang didatangi tersebut, Yuda yang merupakan perwakilan PPWI Jawa Barat mendapatkan tugas untuk membuat promosi desa tersebut. Setelah itu, Yuda membuat jadwal pembuatan video, mempelajari materi di desa tersebut, dan langsung membuat video.

    Pada hari pertama saat karantina, Yuda melakukan registrasi Finalis, lalu diikuti dengan pengarahan + pembagian kamar finalis dan melakukan photoshoot. Yuda juga mengikuti berbagai kegiatan materi public speaking, pariwisata, kebudayaan, ekonomi kreatif, serta beauty class / handshome class. Setelah mengikuti berbagai kegiatan tersebut, Yuda melakukan persiapan untuk Unjuk Kabisa dan latihan untuk Grand Final. Pada Hari kedua karantina, Yuda mengikuti presentasikan program kerja, deep interview, serta gladi dan briefing untuk Grand Final. Dan pada saat Grand Final diselenggarakan, Yuda mendapatkan “Best Presentation” dalam Pemilihan tersebut. Pada hari ketiga karantina, Yuda mengikuti city tour, pembekalan dan serta closing ceremony.

    Kesulitan yang dialami Yuda pada saat mengikuti karantina dalam Pemilihan Putra Putri Wisata Jawa Barat 2021 adalah ketika mencari sponsor, dan keterbatasan saat pembuatan video serta edit video yang hanya menggunakan handphone saja. Namun kesulitan tersebut telah Yuda atasi dengan baik.

    Yuda juga menyampaikan bahwa banyak keuntungan saat masuk jurusan Pariwisata di IBI Kesatuan, yaitu prospek kerja yang bagus, bisa berkesempatan magang/kerja di kapal pesiar, mengunjungi banyak tempat wisata, industri pariwisata yang tidak akan mati, belajar keterampilan Global, bidang perhotelan, mengelola bisnis, jenjang karier bisa menanjak lebih cepat, serta proses pembelajaran yang menyenangkan.

    Yuda berharap para mahasiswa baru yang masuk ke jurusan Pariwisata di IBI Kesatuan dapat menjadi role model di bidang pariwisata, serta juga bisa mengembangkan 3M, yaitu Mempromosikan, Menggunakan, dan Merasa bangga dengan wisata lokal.