English Indonesian

  • Launching Magister Akuntansi dan Seminar Akuntansi IBI Kesatuan

    • July 23, 2022
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Launching Magister Akuntansi dan Seminar Akuntansi IBI Kesatuan

    Pada hari Sabtu, (23/7), IBI Kesatuan menyelenggarakan acara Grand Launching Magister Akuntansi Institut Bisnis Kesatuan merupakan (Maksi – IBI Kesatuan) dan Seminar dengan tema “Peran Akuntansi Sektor Publik dalam Comprehensive dan Sustainability Reporting”. Acara dilaksanakan untuk meresmikan pembukaan Program Studi Magister Akuntansi.

    Grand Launching Maksi – IBI Kesatuan dilaksanakan secara hybrid di Kampus IBI Kesatuan Jl. Ranggagading No. 1 Gedung Baru Lantai 6 Ruang Aula dan Youtube. Acara dihadiri oleh 97 tamu undangan yang merupakan Guru Besar, Pejabat Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Perwakilan dari Perguruan Tinggi Wilayah Bogor, Stakeholder, Perwakilan Sekolah Wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Alumni IBI Kesatuan dan Calon Mahasiswa Magister Akuntansi.

    Acara dimulai dengan sambutan dari Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA. Selaku Rektor IBI Kesatuan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Magister Akuntansi IBI Kesatuan menerapkan kurikukulum yang komprehensif dari segi teori dan praktik yang akan diampu oleh para dosen yang memiliki pengalaman praktis dalam mata kuliah yang diampunya.

    Rektor IBI Kesatuan – Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA

    “Kami berharap, Magister Akuntansi IBI Kesatuan akan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akuntansi sektor publik agar pengelolaan keuangan sektor publik semakin transparan dan akuntabel dan juga kompeten di bidang akuntansi keuangan dan pasar modal untuk mendukung percepatan pertumbuhan perekonomian Indonesia.” Ujarnya.

    Gina Indriani, S.Si., M.T. selaku Koordinator Fungsi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan LLDIKTI Wilayah IV dalam sambutannya menjelaskan bahwa Interaksi akuntan dan teknologi saat ini dapat dilihat dengan bertambahnya penggunaan robotic dan data analitycs yang telah mengambil alih pekerjaan dasar yang telah dilakukan oleh akuntan. Dengan adanya revolusi ini telah menjadikan tantangan yang perlu diperhatikan bagi seorang akuntan.

    Koordinator Fungsi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan LLDIKTI Wilayah IV – Gina Indriani, S.Si., M.T.

    Drs. H. Dedie A. Rachim, MA. selaku Wakil Wali Kota Bogor pun turut memberikan sambutan. Dengan diluncurkannya Program Magister Akuntansi ini, beliau berharap akan ada banyak peserta dari berbagai instansi, terutama instansi vertikal yang ada di Kota Bogor, Pemerintah Daerah di sekitar Bogor, BUMN/BUMD yang menurutnya akan bisa jadi salah satu pemanfaat dari Program Magister Akuntansi di IBI Kesatuan.

    Wakil Wali Kota Bogor – Drs. H. Dedie A. Rachim, MA.

    Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pendirian dan Ijin Operasional Program Studi Magister Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan oleh Koordinator Fungsi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, penyerahan SK Pendirian dan Ijin Operasional Program Studi Magister Akuntansi, serta penyematan pin kepada Mahasiswa Magister Akuntansi oleh Rektor IBI Kesatuan.

    Penyematan pin Mahasiswa Magister Akuntansi

    Acara dilanjutkan dengan Seminar Akuntansi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aust.)., CSFA. selaku Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Ketua Komite Pengawas Perpajakan, Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance serta pembicara dalam Seminar Akuntansi ini.

    Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa ilmu akuntansi dan profesi juga berkembang cukup cepat dan dinamis. Maka dari itu, saatnya para akuntan, profesi, guru besar, dosen, mahasiswa program pascasarjana harus bisa melihat the next step the accountancy profession. Bagaimana kita bisa memberlakukan report yang terintegrasi terkolaborasi, dan juga komprehensif.

    Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aust.)., CSFA.

    Program Studi Magister Akuntansi IBI Kesatuan merupakan magister akuntansi pertama di Kota Bogor dengan dua pilihan konsentrasi yaitu Akuntansi Sektor Publik dan Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal.