English Indonesian

  • Kuliah Umum dan Webinar Nasional Universitas Singaperbangsa Karawang

    • May 23, 2022
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Kuliah Umum dan Webinar Nasional Universitas Singaperbangsa Karawang

    Kamis (19/5) Universitas Singaperbangsa Karawang menyelenggarakan Kuliah Umum dan Halal Bihalal dengan tema “Tata Kelola E-Governance Perguruan Tinggi dalam Era Digitalisasi”. Kuliah Umum ini diadakan dengan tujuan mendorong Perguruan Tinggi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dengan tata kelola Perguruan Tinggi yang baik atau Good University Governance yang baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Acara dimulai pada pukul 08:00 s.d selesai dan dilaksanakan secara hybrid di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang dan via Zoom Meeting, dengan narasumber Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CPA., CA., CSFA., ASEAN CPA. Selaku Rektor IBI Kesatuan Bogor, dan Isnaeni Achdiat, SE., M.Ak., CA., CIA., ASEAN CPA. Selaku Founder Media AKUTAHU. Peserta terdiri atas peserta luring dan peserta daring, yang berasal dari kalangan dosen di lingkungan Universitas Singaperbangsa Karawang, mahasiswa, serta khalayak umum.

    Pada pemaparan pertama, Prof. Moermahadi menjelaskan tentang pengembangan Sistem Informasi dan proses kerja untuk tata kelola Perguruan Tinggi yang modern, transparan, dan akuntabel, serta keterlibatan civitas akademika, tenaga kependidikan, dan masyarakat (interaksi) dalam pemanfaatan sistem informasi untuk peningkatan kualitas mutu dan layanan akademik.

    Prof. Moermahadi juga menyampaikan tentang Instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang Kebijakan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Tujuan E-Government sendiri merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

    Pada pemaparan kedua, Bapak Isnaeni Achdiat menjelaskan tentang strategi penerapan block chain untuk desentralisasi informasi di Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan perkembangan penerapan block chain sebagai teknologi lintas sektor, potensi dan kebutuhan penerapan block chain di sektor pendidikan, serta karakteristik nilai sosio-teknologi block chain dan pemanfaatannya untuk peningkatan kualias mutu dan layanan akademik.

    Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan datang dari berbagai kalangan terutama terkait dengan tata kelola E-Governance itu sendiri. Semoga dengan menerapkan Good University Governance diharapkan Perguruan Tinggi akan mampu bersaing dan akan tetap terjaga eksistensinya.

    Penulis : CC*