English Indonesian

  • Jurusan Pariwisata: Bisa Kerja Sambil Jalan-Jalan?

    • April 5, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Jurusan Pariwisata: Bisa Kerja Sambil Jalan-Jalan?

    Buat kamu yang punya cita-cita ingin lulus kuliah lalu kerja sambil liburan dan dibayar, jurusan Pariwisata adalah salah satu cara untuk bisa mewujudkan cita-cita kamu. Tapi masa sih, lulusan jurusan Pariwisata hanya sekedar jalan-jalan saja? Yuk, kita simak lebih jauh untuk mengenal lebih dekat tentang jurusan Pariwisata di IBI Kesatuan!

    Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari semua hal berkaitan dengan pariwisata. Kamu bisa belajar mulai dari manajemen destinasi wisata, tour and travel, dan perhotelan. Jadi, bagi kamu yang ingin masuk ke Jurusan Pariwisata, lulusan Jurusan Pariwisata nggak cuma sekadar jalan-jalan saja lho, tetapi lebih luas membahas manajemen dan strategi bisnis dalam objek pariwisata itu sendiri.

    Ilmu yang didapat di Jurusan Pariwisata sangat berhubungan erat dengan sejarah, geografi, budaya, ekonomi, dan sebagainya dalam objek-objek wisata yang kamu datangi. Bidang ilmu ini mempelajari sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata, juga manajemen perhotelan. Bekal pengetahuan tersebut sangat berguna ketika kamu bekerja di industri pariwisata seperti agen perjalanan maupun perhotelan. Di jurusan Pariwisata IBI Kesatuan terdapat 2 pilihan perminatan, yaitu Hospitality Management (jasa layanan pariwisata) dan Entrepreneur Tourism (pengusaha di bidang pariwisata).

    Jika kamu masuk Jurusan Pariwisata di IBI Kesatuan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah penting tentang pengantar pariwisata, sosial budaya pariwisata, hospitality & tourism, manajemen MICE (Meeting Incentive Conference Exhibition), manajemen travel, food & beverages service management, dan masih banyak mata kuliah lain yang berhubungan dengan jurusan Pariwisata. Dosen-dosen jurusan Pariwisata yang mengajar di IBI Kesatuan pun merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata baik dalam skala Nasional maupun Internasional.

    Nah, karena sektor pariwisata Indonesia dan dunia sedang bergairah, pemerintah sedang gencar meningkatkan kualitas industri pariwisata. Oleh karena itu, peluang karir untuk kamu pun juga semakin lebar. Setelah lulus dari Jurusan Pariwisata, kamu berkesempatan bekerja di hotel, resort, cottage, restoran, dan kapal pesiar. Kamu juga berkesempatan menjadi seorang chef, barista, bartender, tour leader, travel agent, event / wedding organizer, serta pengelola tempat pariwisata, lho!

    Hal-hal yang akan kamu dapatkan sebagai lulusan Jurusan Pariwisata IBI Kesatuan, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengelola kawasan wisata yang kamu tuju. Kamu dapat menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari di Jurusan Pariwisata untuk menjadi pengelola tempat wisata di sana agar bisa lebih dikenal banyak orang sehingga akan banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis kuliner di restoran, cafe, dan juga catering! Menarik, kan?

    Itulah pengenalan singkat mengenai Jurusan Pariwisata IBI Kesatuan. Apakah kamu sudah yakin untuk memilih jurusan pariwisata? Yang jelas, kamu harus benar-benar menyukai bidang yang nantinya kamu pilih saat kuliah ya!

    *Editor: CC*