English Indonesian

  • Ingin Kuliah di IBI Kesatuan Jurusan Manajemen? Kamu Harus Tahu Hal-Hal Ini!

    • April 24, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Ingin Kuliah di IBI Kesatuan Jurusan Manajemen? Kamu Harus Tahu Hal-Hal Ini!

    Mungkin kebanyakan mahasiswa yang baru melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan membayangkan bahwa orang yang kuliah dan mengambil jurusan manajemen, nantinya akan bekerja sebagai manajer suatu perusahaan. Namun nyatanya, jurusan manajemen memiliki ruang lingkup dan prospek karir yang cukup luas, ya.

    Banyak calon mahasiswa yang mengatakan: “Aku mau masuk jurusan manajemen soalnya gak ada mata kuliah hitung-hitungan!” Eits! Kamu salah besar, lho ya! Memang, manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru IBI Kesatuan. Tapi, apa saja yang kamu ketahui tentang jurusan manajemen? Apa saja konsentrasi jurusan manajemen yang ada di IBI Kesatuan? Dan apa saja prospek karirnya? Sebelum menjadi mahasiswa jurusan manajemen, Yuk, simak ulasan berikut ini!

    Secara umum di jurusan Manajemen, kamu akan mempelajari ilmu hafalan & hitungan yang seimbang, lalu kedua ilmu tersebut akan dipraktikkan dalam suatu kasus. Beberapa contoh mata kuliah yang berhubungan dengan hitungan yang akan kalian temui di jurusan manajemen khususnya di IBI Kesatuan yaitu pengantar ekonomi mikro, pengantar ekonomi makro, statistika ekonomi dan bisnis, serta matematika bisnis dan keuangan.  Jadi, jangan mengira kalau jurusan manajemen tidak ada mata kuliah hitungan, ya.

    Nah, di dalam jurusan Manajemen sendiri, terdapat konsentrasi / perminatan yang dapat kamu pilih di IBI Kesatuan, yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan Perbankan dan Manajemen Keuangan Pasar Modal. Apa saja perbedaan dari ketiga konstentrasi / perminatan jurusan tersebut?

    Jika kamu berminat mengambil konsentrasi Manajemen Keuangan Pasar Modal, kamu dapat menguasai teori dasar pengelolaan keuangan perusahaan dan perdagangan saham di Bursa Efek, sehingga mampu bekerja sebagai analis keuangan perusahaan dan analis pasar modal / investasi.

    Jika kamu berminat mengambil konsentrasi Manajemen Keuangan Perbankan, kamu dapat menguasai teori dasar transaksi bisnis internasional (perhitungan jual beli valas, ekspor impor, jasa luar negeri lainnya), akan mampu bekerja pada bidang ekspor-impor pada suatu perusahaan.

    Sedangkan jika kamu berminat mengambil konsentrasi Manajemen Pemasaran, kamu dapat menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis pemasaran dan menjabarkannya dalam rencana operasional aktivitas-aktivitas pemasaran.

    Lulusan Manajemen memiliki kesempatan luas untuk berkarir / bekerja pada perusahaan pemerintah maupun swasta di sektor keuangan, sekuritas (Pasar Modal), perbankan, analisis keuangan, industri periklanan, konsultan manajemen dan wirausahawan.

    Itulah sekilas mengenai jurusan manajemen. Bagi kamu yang tertarik ingin belajar segala hal yang berhubungan dengan manajemen, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mendaftar ke jurusan yang satu ini di IBI Kesatuan. Selain prospek kerjanya yang terlihat menjanjikan, kamu juga tidak hanya dapat bekerja sebagai pekerja kantoran saja, namun kamu juga berpeluang besar untuk membangun usaha sendiri, lho! Yuk, segera mendaftar di IBI Kesatuan!

    Penulis: CC*