English Indonesian

  • Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) IBI Kesatuan

    • July 27, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) IBI Kesatuan

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang merupakan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Melalui program MBKM ini, para mahasiswa diberi kesempatan untuk mendapatkan kompetensi tambahan di luar capaian pembelajaran yang ditetapkan Prodi sebagai bekal untuk masuk di dunia kerja setelah lulus sarjana / sarjana terapan.

    Di samping itu, pengalaman yang diperoleh akan memperkuat kesiapan lulusan dalam beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja, kehidupan di masyarakat dan menumbuhkan kebiasaan belajar sepanjang hayat. Implementasi program MBKM, pembelajaran bauran, dan/atau pembelajaran daring menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk memfasilitasi mahasiswa pada saat mengikuti proses pembelajaran diluar Prodi dan diluar Perguruan Tinggi.

    Sehubungan dengan hal tersebut, seluruh program studi S1 dari IBI Kesatuan telah mendesain ulang kurikulum yang ada di program studinya masing-masing menjadi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam implementasi kurikulum MBKM tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkuliah di luar program studinya dalam kampus IBI Kesatuan, dan aktivitasnya akan dilakukan semester ganjil (semester 5 & 7) pada bulan September 2021 kedepan. Perkuliahan di luar program studi dalam IBI Kesatuan memiliki bobot sekitar 20 SKS dan dilaksanakan dalam 1 semester / 2 semester, bobot tersebut tergantung dari kurikulum masing-masing program studi.

    Pada semester genap (semester 6), mahasiswa akan diberikan program perkuliahan di luar Perguruan Tinggi. IBI Kesatuan memilih 4 dari 8 bentuk kegiatan perkuliahan yang sudah ditentukan oleh mendikbud. 4 bentuk kegiatan perkuliahan tersebut adalah program magang / praktik kerja, asistensi mengajar di Satuan Pendidikan, kegiatan wirausaha, dan studi/proyek independen. Bentuk perkuliahan yang sudah ditentukan akan dikembangkan nantinya di masa mendatang bagi para mahasiswa.

    IBI Kesatuan berharap implementasi MBKM yang akan dilaksanakan ini kedepannya akan semakin luas dan bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan minat serta bakatnya melalui kurikulum MBKM ini. Yuk, dukung terus pelaksanaan program MBKM ini agar dapat mencapai hasil yang optimal untuk seluruh civitas akademika terutama para mahasiswa!

    Penulis: CC*