English Indonesian

  • IBIKnowledge: Laboratorium Sebagai Penunjang Pembelajaran di Bangku Perkuliahan

    • June 8, 2021
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on IBIKnowledge: Laboratorium Sebagai Penunjang Pembelajaran di Bangku Perkuliahan

    Di setiap Perguruan Tinggi termasuk IBI Kesatuan, pasti terdapat fasilitas berupa laboratorium yang merupakan salah satu unit pelakasanaan teknis demi menunjang pembelajaran pada mata kuliah tertentu.

    Tarida Marlin Surya M. Ir., MM. selaku Kepala Laboratorium IBI Kesatuan, berkomitmen untuk memberikan pelayanan total kepada para mahasiswa IBI Kesatuan, diantaranya yaitu dengan terus mengupayakan peningkatan kualitas fasilitas, sarana, prasarana dan pelayanan sebagai salah satu penunjang kegiatan akademik maupun non akademik.

    Laboratorium IBI Kesatuan yang aktif saat ini mencakup Lab. Komputer, Lab. Bahasa, Bank Mini, dan Lab. Pasar Modal. Selain itu, IBI Kesatuan sedang dalam proses untuk menyediakan 4 Laboratorium untuk program studi Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Pemasaran, dan Biokewirausahaan.

    Dalam pengelolaan unit Laboratorium khususnya Lab. Bahasa dan Lab. Komputer, setiap hari secara rutin dipantau untuk kesediaan / keadaan dari setiap komputer. Pemantauan tersebut dibuat laporan baik secara hard copy maupun secara online (google form) untuk memantau semua perangkat yang terdapat di Laboratorium.

    “Jadwal perkuliahan mahasiswa dikoordinasikan dengan Prodi dan BAAK lalu di breakdown lagi, di setiap ruangan sudah terdapat list jadwal perkuliahan lab untuk para mahasiswa.” Ujarnya.

    Selain itu, di unit Laboratorium terdapat tata tertib yang dibuat untuk mahasiswa selama masa pandemi. Diantaranya adalah para mahasiswa harus melakukan rapid test sehari sebelum kelas, dan mengikuti prosedur perkuliahan sesuai dengan protokol kesehatan ala COVID-19.

    “Di ruang Laboratorium sudah disediakan hand sanitizer untuk para mahasiswa lalu mereka dapat masuk ke dalam ruangan sesuai dengan meja yang sudah ditentukan. Masing-masing kelas dari berbagai program studi, sudah dijadwalkan kelasnya sesuai dengan jumlah mahasiswa dan kapasitas yang ada di ruangan Laboratorium.” Imbuhnya.

    Laboratorium IBI Kesatuan pun sudah mengakomodir kegiatan internal yang merupakan terlaksananya seluruh perkuliahan di IBI Kesatuan, serta kegiatan eksternal seperti UKM yang ingin mengadakan lomba.

    Namun mengingat kondisi pandemi yang saat ini masih belum stabil, maka seluruh kegiatan UKM ditiadakan sementara waktu dan mengikuti peraturan dari pemerintah. Jadi program yang sedang dilakukan dari setiap lab hanya perkuliahan rutinitas saja.

    Beliau pun menyampaikan harapannya terkait fasilitas Laboratorium di IBI Kesatuan. Unit Laboratorium diharapkan bisa menunjang perkuliahan yang akan meningkatkan kemampuan dari lulusan IBIK sesuai dengan bidangnya.

    “Dengan fasilitas Laboratorium yang ada di IBI Kesatuan, diharapkan para lulusan sudah ada bekal dari segi kemampuan teknologi dan juga kemampuan di bidang Bahasa Jika komunikasi dan teknologi dikuasai siap bersaing.” Ujarnya.

    Penulis: CC*