English Indonesian

  • IBI Kesatuan Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Bitungsari

    • September 19, 2022
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on IBI Kesatuan Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Bitungsari

    Minggu (11/9), IBI Kesatuan telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Bitungsari dengan tema “Pengembangan Usaha Melalui Perbaikan Sistem Tata Kelola, Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan, dan Pemanfaatan Teknologi pada Unit Pengelola dan Unit Usaha Ibu-Ibu Anggota Kelompok UPPKS Matahari RW 02 Desa Bitungsari”.

    Tim PKM IBI Kesatuan Foto Bersama dengan Anggota Kelompok UPPKS Matahari RW 02 Desa Bitungsari

    Kegiatan tersebut merupakan Program Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

    Ketua pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat yang membina para anggota Kelompok UPPKS Matahari RW.02, Desa Bitungsari adalah Dr. Sutarti, SE., MM., SAS. Ketua pengusul bertugas mengkoordinasikan dengan mitra tentang kegiatan Kemitraan Masyarakat dan sebagai narasumber pendampingan terkait pemahaman tata Kelola (manajemen organisasi dan pengelolaan keuangan) yang dibantu oleh mahasiswa Ade Darmawan. Anggota pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Adil Fadillah, SE., MM bertugas sebagai narasumber dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan melalui digital marketing bersama dengan mahasiswa Siti Sarah dan Abdulwafi Nurinsani, serta Yanto Hermawan, S.T, M.Kom. yang bertugas sebagai narasumber dalam perancangan pemanfaatan teknologi untuk pemasaran produk-produk usaha kelompok UPPKS matahari (Web dan media social) dengan mahasiswa Nurul Fadilla Rizky Isnaniyah dan Lodryck Lodefikus Sainyakit.

    Program tersebut sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2022. Tim dari Pengabdian Kepada Masyarakat IBI Kesatuan berkunjung ke Desa Bitungsari untuk wawancara dengan para UMKM yang akan dibina mengenai apa saja produk yang dijual, lalu produk tersebut difoto dan dibuatkan konten video untuk diupload di web dan media sosial oleh Tim PKM IBI Kesatuan.

    Pihak PKM IBI Kesatuan akan membantu membuatkan sosial media berupa TikTok, Youtube, dan Instagram serta website. Selain itu, Tim PKM IBI Kesatuan juga membina para pelaku UMKM di Desa Bitungsari bagaimana cara mempromosikan produk melalui sosial media dengan baik dan benar, mengelola keuangan dalam usahanya, serta cara pengelolaan website. Saat pelaksanaan program tersebut, terdapat serah terima website dan sosial media, serta pemberian bantuan alat operasional berupa 2 unit laptop dan 1 unit printer kepada Hj Heni Rosliah selaku Ketua Umum UPPKS Matahari RW 02.

    Kiri ke Kanan : Dr. Adil Fadillah, SE., MM., Dr. Sutarti, SE., MM., SAS. dan Yanto Hermawan, S.T, M.Kom.

    Mulya Agung selaku Sekretaris Desa Bitungsari memberikan apresiasi kepada IBI Kesatuan atas pembinaan yang telah diberikan kepada anggota kelompok UPPKS Matahari RW 02 di Desa Bitungsari. Beliau berharap UPPKS ini dapat berkembang pesat dengan fasilitas teknologi yang dibina oleh IBI Kesatuan.

    Dr. Sutarti, SE., MM., SAS juga menyampaikan harapannya. Semoga dengan adanya program ini dapat menambah pengetahuan para anggota dan dapat membantu dalam memajukan usaha serta kesejahteraan masyarakat Desa Bitungsari.

    Silahkan kunjungi website www.uppksmataharibitungsari.com untuk melihat produk yang dijual para UMKM Desa Bitungsari.

    Penulis : CC*