English Indonesian

Berita & Artikel

Program Vokasi IBIK

  • IBI Kesatuan Kembangkan Pendidikan Vokasi untuk Mencetak Lulusan yang Siap Kerja

    • August 9, 2020
    • Posted By : IBI KESATUAN
    • Comments Off on IBI Kesatuan Kembangkan Pendidikan Vokasi untuk Mencetak Lulusan yang Siap Kerja

    Rabu, 29 Juli 2020 Program vokasi IBI Kesatuan mengadakan Vocational Webinar dengan tema “Opportunities & Challenges of Vocational Education in Indonesia and Global”. Webinar yang diikuti oleh sekitar 1.857 peserta ini  berjalan dengan sukses sesuai yang telah direncanakan. Adil Fadillah, SE., MM selaku Direktur Vokasi IBI Kesatuan sangat bersyukur dengan terselenggaranya webinar ini, hal tersebut karena webinar ini merupakan program pertama yang dilaksanakan oleh program vokasi IBI Kesatuan. Adapun tujuan program vokasi IBI Kesatuan mengadakan webinar selain untuk menambah ilmu dan wawasan juga sebagai ajang untuk memperkenalkan program vokasi IBI Kesatuan ke level yang lebih luas lagi bahkan hingga Internasional. 

    Sekilas mengenai program vokasi, secara spesifik program vokasi ini berbeda dari program S1, baik itu dari kurikulum, sistem pembelajaran, maupun waktu penyelesaian kuliahnya. Program D3 IBI Kesatuan memang sudah lama adanya, namun untuk program vokasi masih terbilang baru sehingga masih adanya penyusunan mengenai program vokasi di IBI Kesatuan ini agar terus berkembang. Ada beberapa keunggulan dari program vokasi IBI Kesatuan yaitu adanya pengembangan kerja sama dengan industri dan perusahaan-perusahaan. Kurikulum yang disusun program vokasi sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga penting untuk program vokasi menjalin kerjasama dengan industri dan perusahaan-perusahaan karena dari situlah pihak kampus menyiapkan mahasiswa program vokasi untuk siap kerja. Selanjutnya yaitu adanya peningkatan yang dilakukan program vokasi untuk memperluas jejaring dengan dunia luar baik itu dengan sekolah vokasi lain, fakultas vokasi, serta pihak lainnya. terakhir beliau menambahkan, adapun pelaksanaan magang yang dilaksanakan oleh pihak kampus bertujuan agar mahasiswa program vokasi ketika lulus nanti sudah siap bekerja.

    Program vokasi senantiasa mendorong mahasiswanya untuk cepat magang dan ditempatkan sesuai dengan disiplin ilmu, sehingga mahasiswa dapat menambah ilmu dan keterampilan. 

    Program magang ini akan terus dikembangkan dan disusun lebih baik lagi agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan industri, hal inilah yang kemudian menjadi keunggulan program vokasi IBI Kesatuan.

    Direktur Vokasi IBI Kesatuan berharap masyarakat bisa menilai program vokasi dengan lebih positif karena banyak kelebihan dari program vokasi seperti masa kuliahnya yang lebih singkat, biayanya lebih terjangkau, dan lulusannya sudah siap bekerja. Selanjutnya beliau juga berharap program vokasi ini dapat terus berkembang, bahkan ada rencana dimana IBI Kesatuan akan membuat program D4. Agar lulusan D3 nantinya bisa meneruskan kuliahnya di D4 dengan waktu yang lebih singkat namun apa yang dipelajari sejalan dengan apa yang sudah di pelajari di D3 sebelumnya.

    Jika ingin tahu lebih banyak mengenai program vokasi, mari bergabung bersama kami di program vokasi IBI Kesatuan Bogor. Ada 3 pilihan jurusan di program vokasi IBI Kesatuan yaitu D3 Akuntansi, D3 Keuangan Perbankan, dan D3 Manajemen Pemasaran. Ayo daftarkan diri kalian di program vokasi IBI Kesatuan sekarang juga. Info lebih lanjut hubungi :

    – 08111178005

    – 085711111210

    – 08111117092

    Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi :

    https://pendaftaran.ibik.ac.id

    Penulis : Aisyah