English Indonesian

  • IBI Kesatuan Bogor Laksanakan Bimbingan Mahasiswa Baru Secara Daring

    • September 11, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on IBI Kesatuan Bogor Laksanakan Bimbingan Mahasiswa Baru Secara Daring

    Bimbingan Mahasiswa Baru (BIMARU) merupakan salah satu program kerja Unit Kemahasiswaan, kolaborasi antara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) IBI Kesatuan, kegiatan BIMARU rutin dilakukan setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk menyambut para Mahasiswa Baru, untuk memperkenalkan lingkungan kampus beserta civitas dan mempererat tali persaudaraan antar peserta Bimaru.

    Pembukaan Bimaru tahun ini dilaksanakan pada tanggal 10 September 2020 secara daring, hal ini dirasa sangat berbeda dibandingkan pelaksanaan Bimaru tahun-tahun sebelumnya dikarenakan masih dalam kondisi pandemi. Mengusung tema MABA KECE (Membangun Karakter Muda yang Cerdas dan Memiliki Jiwa Eksploratif), Bimaru IBI Kesatuan diikuti sebanyak 1.035 mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021.

    Altisan Sumampouw sebagai Presiden Mahasiswa menyampaikan pesan-pesannya untuk peserta Bimaru, ”Saya harap sesuai dengan tema Bimaru tahun ini salah satunya adalah eksploratif, ketika kegiatan perkuliahan sudah dimulai teman-teman dapat mengembangkan jiwa eksploratif dengan mengikuti banyak kegiatan. Contohnya UKM dan organisasi, yang secara tidak langsung akan meningkatkan jiwa eksplorasi, keingintahuan dan menambah ilmu teman-teman. Semua harus dijalani dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal” ungkap Altis.

    Rektor IBI Kesatuan, Dr. H. Iriyadi, Ak., M.Comm., CA. pun menyambut baik para peserta Bimaru. Melalui sambutannya beliau menyampaikan bahwa kampus adalah tempat latihan atau praktik sebelum teman-teman mahasiswa masuk kedunia kerja atau menjadi pengusaha. Mahasiswa juga harus bekerja sama dengan dosen, guna mendapatkan pencapaian yang maksimal. Karena keberhasilan mahasiswa setelah lulus adalah bagian dari keberhasilan kita semua.

    Bukan hanya itu, beliaupun menjelaskan mengenai beberapa perubahan aturan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai tuntutan Outcome Based, “Jadi sekarang mahasiswa harus lulus tepat waktu. Oleh karena itu, bekerjasamalah dengan dosen, jangan sungkan dan konsultasikan apabila terkendala sesuatu. Kerjasama dosen dan mahasiswa sendiri dimulai sejak dari proses pengajaran, penelitian sampai pengabdian masyarakat.” ungkap beliau.

    Terakhir beliau memberikan motivasi kepada peserta Bimaru bahwa yang menentukan suatu kesuksesan adalah diri sendiri oleh karena itu nikmatilah proses perkuliahan dan jangan pernah sungkan untuk berdiskusi dengan dosen.

    Kegiatan selanjutnya adalah perkenalan civitas kampus melalui youtube dan ditutup dengan kegiatan masing-masing fakultas.

    Penulis : Muti Sulistian , S.I. Kom