English Indonesian

  • BI CORNER IBI KESATUAN

    • August 28, 2020
    • Posted By : Admin ibik
    • Comments Off on BI CORNER IBI KESATUAN

    Pada tanggal 19 Agustus 2020, Perpustakaan IBI Kesatuan telah menerima properti BI Corner dari Bank Indonesia yang merupakan bentuk CSR dari Bank Indonesia untuk meningkatkan minat baca seluruh rakyat Indonesia terutama dunia Akademisi dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

    Manfaat yang bisa didapat dari BI Corner yaitu sebagai media literasi, baik dalam bentuk media cetak maupun media digital yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh akademisi yang ada di IBI Kesatuan, untuk media cetak terdapat 350 judul buku terdiri dari 250 judul teks Indonesia dan 100 judul teks Bahasa Inggris, Untuk e-book, seluruh akademisi dapat mengakses iBI Library yang merupakan perpustakaan digital milik Bank Indonesia yang menyediakan e-book dengan berbagai macam kategori yang bisa dipinjam dan dibaca secara virtual.

    Properti BI Corner tersebut akan diresmikan aktivasinya pada hari Rabu tanggal (26/08/2020), selain itu akan ada pengenalan Quick Response Code Indonesia standard (QRIS). Peresmian dan aktivasi property BI Corner tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada pukul 09.00 hingga selesai.

    Peresmian dan aktivasi properti BI Corner tersebut diikuti oleh 250 peserta yang merupakan peserta dari 30 penerima properti BI Corner seluruh Jabodetabek. Untuk peserta dari IBI Kesatuan yang hadir dalam acara peresmian tersebut terdiri dari seluruh unsur pimpinan dan tenaga perpustakaan termasuk Rektor IBI Kesatuan.

    Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bu Trini Haryanti, selaku Ketua Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, yang mewakili penerima manfaat BI Corner Tahun 2019/2020. Beliau menyampaikan bahwa hubungan kerjasama tidak akan berhenti sampai pada selesainya acara peresmian ini, tapi akan berlanjut pada kesempatan di waktu-waktu yang akan datang. BI Corner memiliki arti pernting jika aktivasi bisa diagendakan secara berkala dengan tema kebangsentralan atau tema-tema lainnya.

    Setelah sambutan dari Bu Trini Haryanti, dilanjutkan sambutan kedua oleh Bapak Onny Widjanarko, selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung dunia pendidikan agar masyarakat dapat lebih jauh mengenal Bank Indonesia. Beliau juga berterimakasih karena kehadiran para peserta yang mengikuti acara secara daring menerima buku-buku serta menyediakan tempat untuk dipasang di perpustakaan Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Instansi. Beliau tentunya ingin bangsa Indonesia maju karena proses belajar dan mengajarnya lancar, serta wawasannya dapat semakin luas.

    Setelah sambutan kedua, acara dilanjutkan peresmian BI Corner secara langsung oleh Bapak Onny Widjanarko dengan simbol pengguntingan pita, dilanjutkan dengan pemberian cinderamata serta pemotongan tumpeng, lalu memutar film Program Sosial Bank Indonesia.

    Acara dilanjutkan Kembali dengan pengenalan Quick Response Code Indonesia standard (QRIS) yang dipresentasikan oleh Ibu Dinantya, dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Digitalisasi telah merevolusi seluruh segi kehidupan kita, dan juga digitalisasi sudah mempengaruhi pereknomian dalam segala aspek termasuk dalam bidang keuangan. Beliau juga mengenalkan QRIS yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

    Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan datang dari berbagai kalangan terutama terkait dengan revolusi digitalisasi.

    Penulis : Cindy